Cari Blog

Kamis, 11 Februari 2016

MEDIA PEMBELAJARAN

Media Pembelajaran
a)      Pengertian Media Pembelajaran
Menurut Heinic, dkk. dalam Hernawan, Zaman dan Riyana (2007: 3)  menyatakan media merupakan alat saluran komunikasi. Kata media berasal dari bahasa Latin, yaitu medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Selain itu kata media juga berasal dari bahasa Latin yang merupakan bentuk jamak dari kata medium, dan secara harfiah berarti perantara atau pengantar, yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Menurut Gerlach dan Ely dalam Kustandi dan Sutjipo, (2013: 7) mengatakan secara garis besar, media adalah manusia, materi atau kejadian yang membangun kondisi agar siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap. Guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Sedangkan menurut Kustandi dan Sutjipto, (2013: 8) menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.
Pengertian media pembelajaran yang lain menurut Rossi dan Breidle (1996: 3) dalam Sanjaya (2010: 163), mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan pendidikan,
Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala alat yang dimanfaatkan untuk membantu dalam proses belajar mengajar, yang mempunyai fungsi untuk memperjelas pesan atau materi yang disampaikan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dan lebih baik.
 b)      Macam – Macam Media Pembelajaran
Media pembelajaran memiliki berbagai jenis. Menurut Djamarah dan Zain (2010: 124), menjelaskan bahwa secara umum dilihat dari jenisnya media dibagi ke dalam tiga jenis sebagai berikut:
1)      Media Auditif, adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja
2) Media Visual, adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media  visual ada yang menampilkan gambar diam ada juga yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak
3)     Media Audiovisual, adalah media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar.

c)      Manfaat Media Pembelajaran
Selain pengertian dari media pembelajaran itu sendiri terdapat beberapa manfaat media tersebut, menurut Sudjana, (2005: 2), manfaat media pengajaran dalam proses belajar siswa antara lain : (a) pengajaran akan lebih menarik siswa sehingga dapat meumbuhkan motivasi belajar, (b) bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik. (c) metode mengajar akan  lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikai verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apabila guru mengajar untuk setiap jam pelajaran. (d) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dll.
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memeiliki manfaat yang banyak dalam membantu proses belajar mengajar baik bagi guru mauapun bagi siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat membuat variasi belajar yang baru agar tidak membosankan.
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar